DOA JALAN SALIB SINGKAT

Doa Jalan Salib Singkat

Doa ini untuk memungkinkan setiap orang masih dapat berdoa jalan salib, biarpun hanya memiliki waktu yang sedikit.

PERHENTIAN I YESUS DIJATUHI HUKUMAN MATI : Ya Yesus yang begitu lembut hati dan tidak mengeluh, ajarilah aku bersikap pasrah bila mengalami percobaan. Tuhan Yesus Kristus yang tersalib, kasihanilah kami.

 

PERHENTIAN II YESUS MEMIKUL SALIBNYA : Ya Tuhan Yesus, seharusnya salib ini aku pikul, bukan Engkau; dosa-dosakulah yang menyalibkan Engkau. Tuhan Yesus Kristus yang tersalib, kasihanilah kami.

 

PERHENTIAN III YESUS JATUH PERTAMA KALINYA : Ya Tuhan Yesus, karena jatuhMu yang pertama kalinya ini, jangan pernah biarkan aku jatuh dalam dosa berat. Tuhan Yesus Kristus yang tersalib, kasihanilah kami.

 

PERHENTIAN IV YESUS BERJUMPA DENGAN BUNDANYA : Ya Tuhan Yesus, semoga tak ada satu ikatan manusia manapun pernah menjauhkan aku dari mengikuti Jalan Salib. Tuhan Yesus Kristus yang tersalib, kasihanilah kami.

 

PERHENTIAN V SIMON DARI KIRENE MENOLONG YESUS MEMIKUL SALIBNYA : Biarpun tidak dengan senang, Simon menolongMu memikul salib. Ya Tuhan, semoga aku menderita segala sesuatu dengan sabar bagiMu. Tuhan Yesus Kristus yang tersalib, kasihanilah kami.

 

PERHENTIAN VI VERONIKA MENGUSAPI WAJAH YESUS : Ya Yesus, Engkau telah melukiskan wajahMu yang kudus di atas kain Veronika. Materaikan juga wajahMu secara tak terhapuskan di dalam hatiku. Tuhan Yesus Kristus yang tersalib, kasihanilah kami.

 

PERHENTIAN VII YESUS JATUH KEDUA KALINYA : Ya Tuhan, karena jatuhMu yang kedua kalinya, lindungilah aku supaya tidak jatuh dalam dosa. Tuhan Yesus Kristus yang tersalib, kasihanilah kami.

 

PERHENTIAN VIII YESUS MENGHIBUR WANITA-WANITA YERUSALEM : Seharusnya hiburanku yang terbesar ialah karena mendengar Engkau bersabda, “Dosamu yang banyak sudah diampuni karena kau telah banyak mencinta.” Tuhan Yesus Kristus yang tersalib, kasihanilah kami.

 

PERHENTIAN IX YESUS JATUH KETIGA KALINYA : Ya Tuhan Yesus, bila aku merasa bosan karena perjalanan hidup yang lama, jadilah Engkau kekuatanku dan ketabahanku. Tuhan Yesus Kristus yang tersalib, kasihanilah kami.

 

PERHENTIAN X YESUS DITELANJANGI : Ya Tuhan Yesus, jiwaku sudah kehilangan pakaiannya yang suci. Maka, kenakanlah padaku pakaian penyesalan dan tobat. Tuhan Yesus Kristus yang tersalib, kasihanilah kami.

 

PERHENTIAN XI YESUS DIPAKU PADA SALIB : Tuhan Yesus, Engkau sudah mengampuni musuh-musuhMu. Ya Tuhan, ajarilah aku juga mengampuni dan melupakan kesalahan-kesalahan orang lain. Tuhan Yesus Kristus yang tersalib, kasihanilah kami.

 

PERHENTIAN XII YESUS WAFAT DI SALIB : Ya Tuhan Yesus, biarpun sedang mengalami sekarat maut, HatiMu yang kudus masih bergetar karena cinta kepada anak-anakMu yang berdosa. Tuhan Yesus Kristus yang tersalib, kasihanilah kami.

 

PERHENTIAN XIII YESUS DITURUNKAN DARI SALIB : Oh Bunda yang penuh dukacita, terimalah aku dalam rangkulanmu dan perolehlah bagiku sesal yang sempurna atas dosa-dosaku. Tuhan Yesus Kristus yang tersalib, kasihanilah kami.

 

PERHENTIAN XIV YESUS DIMAKAMKAN : Ya Tuhan Yesus, bila aku menerima TubuhMu dalam hatiku ketika menyambut komuni, jadikanlah aku tempat yang cocok bagi TubuhMu yang suci. Tuhan Yesus Kristus yang tersalib, kasihanilah kami.

Amin.

Doadoakatolik.com menyajikan beragam kumpulan doa-doa katolik. Semoga bermanfaat.